Blogger news



Light painting yang indah

"LIGHT PAINTING" adalah suatu teknik dalam photography yang menjadikan cahaya atau sumber cahaya yang mana cahaya tersebut di jadikan sebagai objek photo baru atau cahaya tersebut di gunakan untuk membuat sebuah bentuk atau objek baru, teknik "LIGHT PAINTING", tentunya dilakukan dengan exposure malam, atau suasana yang cukup gelap dengan menggerakkan sumber cahaya seperti senter ,

Teknik photo ini pertama kali dilakukan oleh seorang bernama Man Ray pada tahun 1935 seorang photographer yang berasal dari Amerika dan lama tinggal di Paris, dia adalah seorang wartawan yang memakai teknik "LIGHT PAINTING" pertama kali, iya memamerkan nya pada sebuah seri yang berjudul "space writing".

Sebenarnya sudah banyak photographer yang menggunakan teknik ini setelah Man Ray tapi tidak dapat ane jelaskan di sini.
untuk masa sekarang sudah banyak orang yang dapat membuat light painting, hanya dengan bermodal sebuah kamera yang dapat di atur shutter speed nya dan bermodal senter ,teknik ini sangat mudah di lakukan.
dan sekarang ini sudah banyak forum - forum photography yang membahas atau membentuk suatu komunitas "LIGHT PAINTING", bahkan di jakarta sudah banyak salah satunya komunitas "i LIGHT this".











Alat-alat yang di butuhkan:

* semua kamera yang bisa di atur shuter speednya dan iso nya
* sumber cahaya (senter, obor,flash, dll)
* yang pasti suasana gelap.
* tripod


langkah - langkah nya

1. atur shutter speed pada pada shutter maksimal, biasanya kalau di kamera DSLR sampe 60", atau mode "BULB" nya otomatis bisa lebih lama lagi.
2. pilih mode M atau manual pada kamera kalian
3. atur diafragma nya atau bukaan nya ingat semakin kecil angkanya bukaan nya akan lebih besar,sesuai kan dengan suasana cahaya , kalau saya sering menggunakan F 5.6
4. pasang kamera pada tripod atau taruh pada tempat yang memungkinkan untuk kamera tidak "SHAKING", atau bergoyang, karena apabila kamera shaking kemungkinan hasil "light painting"nya kurang memuaskan.
5. atur fokus pada objek yang di inginkan agar hasil fokus dan tidak terjadi "blur", kalau pake DSLR atur fokus memakai MF (manual fokus)
6. tekan shutter nya
7. langkah terakhir yaitu buat bentuk yang di inginkan dengan menggunakan sumber cahaya , yang pasti sumber cahaya nya diarahkan ke lensa ya.

0 komentar

Posting Komentar